Pengaruh Strategi Scaffolding Trigger Questions Terhadap Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Di Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A. 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Scaffolding Trigger Questions Terhadap Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA di Kelas X SMA Negeri 4 Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 dengan jumlah 35 siswa dan kelas X-6 dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen berpikir matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 38,68 sedangkan rata-rata post-test = 84,77. Pada kelas kontrol berpikir matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 28,51 sedangkan rata-rata post-test = 63,82. Maka berdasarkan hasil perhitungan pada berpikir matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan memperhatikan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh dan hasil rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan strategi scaffolding trigger questions berpengaruh pada berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA di kelas X SMA Negeri 4 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [685]