Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemusatan Data di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa pada materi pemusatan data di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas X-7 dan X-10. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk uraian yang telah diuji validasi, angket untuk mengetahui ketercapaian indikator efektivitas yaitu sistematika pembelajaran, komunikasi guru dan respon siswa serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (2) pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 38,7% (3) pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (4) pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 33,5% (5) pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah efektif dan (6) pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah efektif.
Collections
- Pendidikan Matematika [685]