• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemusatan Data di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    Dosni Roham Damai Setia Farasi.pdf (5.118Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Farasi, Dosni Roham Damai Setia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa pada materi pemusatan data di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas X-7 dan X-10. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk uraian yang telah diuji validasi, angket untuk mengetahui ketercapaian indikator efektivitas yaitu sistematika pembelajaran, komunikasi guru dan respon siswa serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (2) pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 38,7% (3) pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (4) pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 33,5% (5) pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah efektif dan (6) pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah efektif.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12124
    Collections
    • Pendidikan Matematika [685]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback