Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 3 Sibolga T.A.2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan di kelas VII SMPN 3 Sibolga T.A. 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes awal yang mengidentifikasi berbagai tingkat kemampuan siswa dalam representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa bervariasi dalam tiga aspek utama: representasi visual,simbolik, dan verbal. Siswa yang berada dalam kategori kemampuan tinggi mampu menggunakan diagram Venn, notasi himpunan, dan penjelasan verbal dengan baik dalam menyelesaikan soal cerita. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan konsep himpunan, menggunakan notasi yang tepat, serta menjelaskan langkah-langkah penyelesaian secara verbal. Wawancara mengungkapkan bahwa kesulitan utama siswa terletak pada penggunaan diagram Venn dan notasi himpunan yang melibatkan lebih dari dua himpunan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih memerlukan peningkatan, terutama bagi siswa yang berada dalam kategori rendah. Pembelajaran yang lebih kontekstual dan penekanan pada latihan representasi matematis yang beragam diperlukan untuk membantu siswa memahami konsep himpunan secara lebih mendalam.
Collections
- Pendidikan Matematika [687]