PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA EDPUZZLE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MEDAN T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2024/2025. Dengan teknik probability sampling, sampel penelitian yaitu kelas VIII-9 dan VIII-10. Instrumen yang digunakan adalah angket serta soal tes bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Analisis data dilakukan dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap kepercayaan diri siswa pada materi statistika (0,000<0,005), 2)ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika (0,000<0,05), 3)ada pengaruh signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika (0,000<0,05), 4)tidak ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa melalui kepercayaan diri pada materi statistika (0,720>0,1782, hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan antara pembelajaran matematika berbasis multimedia Edpuzzle dengan hasil belajar.
Collections
- Pendidikan Matematika [687]