• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Hukum
    • Ilmu Hukum
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Hukum
    • Ilmu Hukum
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KERUSAKAN BARANG YANG DIBELI KONSUMEN DARI PRODUSEN BERDASARKAN UU NO. 8 TAHUN 1999

    Thumbnail
    View/Open
    EKA YANTI SIHOTANG.pdf (1.644Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Sihotang, Eka Yanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kehidupan masyarakat modern terlebih di era globalisasi dan perdagangan bebas, konsumen kini menjadi salah satu faktor penting dalam perekonomian, karena setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan komsumsi. Sehingga tidak jarang konsumen mengalami kerugian akibat barang dan jasa yang tidak sesuai dengan harapan baik karena kerusakan barang, cacat produk ataupun hal lainnya. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merupakan organisasi masyarakat yang bersifat nirlaba dan independent yang bertujuan untuk melindungi hak dan kepentingan konsumen di Indonesia. Yayasan ini juga berperan penting dalam menyelesaikan masalah kerusakan barang yang dibeli konsumen dari produsen. Sebagai lembaga perlindungan konsumen, dan bertugas untuk menerima pengaduan dari konsumen yang merasa dirugikan akibat produk cacat atau layanan yang tidak sesuai harapan. Dalam konteks ini, YLKI tidak hanya berfungsi sebagai mediator antara konsumen dan pelaku usaha, tetapi juga memberikan nasihat,konsultasi, pendampingan kepada konsumen dan dukungan hukum bagi konsumen yang membutuhkan serta memperjuangkan hak-hak nya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library research), metode ini dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka dan data diperoleh melalui literature dari buku hukum, jurnal, artikel, serta peraturan perundang-undangan. Dalam penanganan sengketa, YLKI berperan dalam mendorong penyelesaian secara damai melalui mediasi atau Non-litigasi dengan 3 (tiga) tahap yaitu tahap konstatasi, kualifikasi, dan justifikasi. Namun, jika mediasi tidak berhasil, mereka siap membantu konsumen untuk membawa perkara ke jalur hukum. Dengan demikian, YLKI berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan adil bagi konsumen di Indonesia, serta memastikan bahwa produsen bertanggung jawab atas kualitas barang dan jasa yang mereka tawarkan. .
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11931
    Collections
    • Ilmu Hukum [1854]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback