Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Fungsi Kuadrat Di Kelas X SMK Negeri 6 Medan T.A. 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (2) untuk mengetahui besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (3) mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (4) untuk mengetahui besar pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (5) mengetahui Pembelajaran Berbasis Projek efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X, (6) mengetahui Pembelajaran Berbasis Projek efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan Jl. Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20233. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode ekperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi kemudian dianalisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pembelajaran Berbasis Projek berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsepdan pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat di kelas X. besar pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X sebesar 0,164%. besar pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X sebesar 0,210%. efektivitas Pembelajaran Berbasis Projek terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat di kelas X adalah baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]