• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 5 Medan T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    Lince Yusnizar Simbolon.pdf (4.314Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Simbolon, Lince Yusnizar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada pembelajaran matematika, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), terutama di tingkat sekolah menengah. Hal ini terjadi karena siswa kesulitan menghubungkan konsep-konsep dasar dalam matematika, seperti aljabar, geometri, dan logika, yang diperlukan untuk memahami materi SPLTV. Kesulitan ini sering muncul ketika siswa mulai belajar materi yang lebih kompleks, seperti SPLTV yang memerlukan pemahaman mendalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dan angket. Subjek penelitian ini adalah kelas X TKRO-2 SMK Negeri 5 Medan yang dipilih dari 12 kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling dan Objek penelitian ini adalah kesulitan pada pemahaman konsep. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta Penarikan kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep hasil jawaban siswa menunjukkan bahwa dapat dikatakan siswa tersebut belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep dikarenakan siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal tes yang diberikan, pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis hasil jawaban siswa menunjukkan bahwa dapat dikatakan siswa tersebut kurang mampu menyajikan sebuah konsep ke dalam berbagai bentuk representasi matematis dikarenakan hanya sedikit siswa yang dapat membuat permisalan dan model matematika pada soal tes yang diberikan, dan pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah hasil jawaban siswa menunjukkan, bahwa dapat dikatakan siswa tersebut kesulitan untuk menyelesaikan pemecahan masalah pada soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) karena pada hasil tes siswa banyak yang tidak membuat pemecahan masalah sehingga siswa langsung melanjutkan ke soal berikutnya.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11750
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback