EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi proses terhadap keterampilan sosial matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VIII-10 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan observasi yang telah di uji prasyarat terlebih dahulu. Setelah dilakukan perlakukan pembelajaran berdiferensiasi proses, maka hasil perhitungan lembar angket kualitas pembelajaran mencapai kategori efektivitas 56% (sedang), hasil perhitungan lembar angket keterampilan sosial mencapai kategori efektivitas 66% (sedang), hasil perhitungan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh rata-rata 3,476 (baik), hasil perhitungan lembar observasi pada aktivitas peserta didik diperoleh rata-rata 3,039 (baik), hasil perhitungan lembar observasi alokasi waktu diperoleh rata-rata 4 (baik). Berdasarkan kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran dan alokasi waktu, pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap keterampilan sosial matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]