Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Ukuran Pemusatan Data di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMK Swasta Jambi Medan, (2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data kepercayaan diri (self confidence) peserta didik dan tes untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan
regresi �̂ = 12,207 + 0,878X. Besar pengaruh Kepercayaan diri (self confidence)
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi
ukuran pemusatan data di kelas X SMK Swasta Jambi Medan sebesar 63,6% yaitu pada kategori sedang.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]