• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARUSJAHE T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    MELINDA GUSTIANI LIMBONG.pdf (408.1Kb)
    Date
    2024-11-08
    Author
    LIMBONG, MELINDA GUSTIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui penerapan model pembelajaran Novick. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada duakelas, yaitu kelas eksperimen (VIII-2) yang menggunakan model pembelajaran Novick dan kelas kontrol (VIII-1) yang menggunakan pendekatan saintifik konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pre-test, dan peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas eksperimen adalah signifikan, baik dalam uji satu arah maupun dua arah. Selain itu, uji validitas dan reliabilitasinstrumen menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil uji normalitas dan homogenitas juga menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Novick efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu, model ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11523
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback