PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARUSJAHE T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui penerapan model pembelajaran Novick. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada duakelas, yaitu kelas eksperimen (VIII-2) yang menggunakan model pembelajaran Novick dan kelas kontrol (VIII-1) yang menggunakan pendekatan saintifik konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pre-test, dan peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas eksperimen adalah signifikan, baik dalam uji satu arah maupun dua arah. Selain itu, uji validitas dan reliabilitasinstrumen menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil uji normalitas dan homogenitas juga menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Novick efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu, model ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]