dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII, (2) untuk mengetahui besar pengaruh Model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII, (3) mengetahui Model Discovery Learning efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII dan (4) untuk mengetahui kategori efektivitas Model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan Jl. Sampali no 47, Pandau hulu, Kec. Medan Area, Kota Medan, Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Model Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII. Kedua, besar pengaruh Model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII sebesar 63,7%. Ketiga, Model Discovery Learning efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII. Keempat, efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII adalah kategori sedang. | en_US |