Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Materi Kubus Kelas VIII SMP Negeri 4 Pangaribuan T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus di kelas VIII SMP Negeri 4 Pangaribuan T.A 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan instrumen tes berbentuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pangaribuan yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VIII-2. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada hubungan kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus. Besar hubungan kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 16,56%, artinya hubungannya masih sedikit. Ada hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus. Besar hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 14,74%, artinya hubungannya masih sedikit. Ada hubungan kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus. Besar hubungan kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus adalah sebesar 22,18% artinya hubungannya masih sedikit dan untuk 77,82% lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]