• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Materi Kubus Kelas VIII SMP Negeri 4 Pangaribuan T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    DELVERIDA SIMANULLANG.pdf (373.2Kb)
    Date
    2024-10-24
    Author
    SIMANULLANG, DELVERIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus di kelas VIII SMP Negeri 4 Pangaribuan T.A 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan instrumen tes berbentuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pangaribuan yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VIII-2. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada hubungan kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus. Besar hubungan kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 16,56%, artinya hubungannya masih sedikit. Ada hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus. Besar hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 14,74%, artinya hubungannya masih sedikit. Ada hubungan kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus. Besar hubungan kemampuan penalaran matematis dan berpikir kreatif dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi kubus adalah sebesar 22,18% artinya hubungannya masih sedikit dan untuk 77,82% lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11382
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback