ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS SISWA SMP SWASTA KARYAWAN TANJUNG MORAWA T.A 2024/2025
Abstract
Matematika dapat membantu siswa dalam menerapkan pengetahuan mereka ke situasi dunia nyata. Oleh karena itu, matematika tidak mungkin dipisahkan dari penalaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan antara kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif siswa dan besar hubungan antara kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang kubus kelas VII SMP Swasta Karyawan Tanjung Morawa T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dan instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 5 kelas. Kemudian pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, maka didapat siswa kelas VII-1. Analisis data menggunakan korelasi sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data pada uji statistik �� diperoleh ��ℎ���������� = 0,84657 yang menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif siswa. Kemudian besar hubungan kemampuan penalaran matematis siswa dengan hasil belajar aspek kognitif siswa adalah sebesar 0,71669 atau 71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi bangun ruang kubus siswa kelas VII SMP Swasta Karyawan Tanjung Morawa T.A 2024/2025.
Serta memiliki hubungan yang signifikan melalui pengujian hipotesis.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]