• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Materi Bangun Ruang Kubus di SMP Negeri 14 Medan T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    JOEL DANI SITUMORANG.pdf (366.5Kb)
    Date
    2024-10-04
    Author
    SITUMORANG, JOEL DANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan berdasarkan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kombinasi (mixed methods) dengan menggunakan metode penelitian sequential (kombinasi berurutan). Tahap pertama yang digunakan dalam rancangan ini adalah mengumpulkan dan menganalisis kuantitatif dari hasil nilai tes yang diberikan kepada siswa dan kemudian mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif dari hasil wawancara dan angket. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 14 Medan T.A. 2024/2025. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VIII-A. Dari hasil analisis proses berpikir kritis, diperoleh bahwa siswa dengan tipe kepribadian introvert memiliki kemampuan dalam tahap menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi dan menginferensi. Tetapi pada tipe kepribadian masih terdapat beberapa siswa yang kurang dalam tahap menganalisis, mengevaluasi dan menginferensi. Siswa dengan dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki kemampuan dalam menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi dan menginferensi. Tetapi pada tipe kepribadian ini masih terdapat beberapa siswa yang kurang dalam tahap menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi dan menginferensi.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11095
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback