dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas siswa menggunakan metode pembelajaran Ispring Quizmaker dengan model PAIKEM konvensional pada materi pokok eksponen dan logaritma kelas X SMA Negeri 8 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A 2025/2026. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas ekperimen (X-5) dan kelas kontrol (X-6). Instrumen yang digunakan adalah soal Post-Test dengan berbentuk essay yang telah dilakukan uji coba instrument. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata – rata postes kelas eksperimen I adalah 87,33 dengan standar deviasi 2665,33 dan nilai rata – rata pos-tes kelas eksperimen II adalah 85,33 dengan standar deviasi 2615,33. Hasil uji prasyarat data postes kelas eksperimen I Ispring Quizmaker dan kelas eksperimen II PAIKEM konvensional menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (�� = 0,05). Dari hasil uji t satu pihak disimpulkan ada perbedaan kreativitas siswa menggunakan metode pembelajaran Ispring Quizmaker dengan model PAIKEM konvensional pada materi pokok eksponen dan logaritma kelas X SMA NEGERI 8 MEDAN. | en_US |