KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik yang ditinjau dari resiliensi matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Sunggal T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan indikator Literasi Numerasi dan Resiliensi Matematis, dimana cara pengukurannya melalui penilaian tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data tersebut digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tes kemampuan literasi Numerasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi belum sepenuhnya baik yang dimana tingkat persentase peserta didik berkemampuan rendah lebih banyak dibandingkan persentase peserta didik berkemampuan sedang dan tinggi. Untuk Resiliensi Matematis peserta didik termasuk baik dikarenakan tingkat persentase peserta didik berkemampuan tinggi lebih banyak dibanding persentase peserta didik berkemampuan sedang dan rendah.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]