• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII DI SMP SWASTA FREE METHODI I MEDAN T.A 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    Jonson Jusufri Pasaribu.pdf (417.2Kb)
    Date
    2024-09-27
    Author
    PASARIBU, JONSON JUSUFRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan instrumen berbentuk tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep matematika mempunyai nilai rata-rata μ_1= 76,03. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mempunyai nilai rata-rata μ_2 = 58,63. Dengan melihat hasil rata-rata kemampuan yang diperoleh antara kedua kelas maka dapat disimpulkan model Numbered Head Together (NHT) dengan metode Demonstrasi berpengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran model konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10970
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback