PENGARUH NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII DI SMP SWASTA FREE METHODI I MEDAN T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan instrumen berbentuk tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep matematika mempunyai nilai rata-rata μ_1= 76,03. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mempunyai nilai rata-rata μ_2 = 58,63. Dengan melihat hasil rata-rata kemampuan yang diperoleh antara kedua kelas maka dapat disimpulkan model Numbered Head Together (NHT) dengan metode Demonstrasi berpengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran model konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]