• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Penalaran Matematika Peserta Didik pada Materi Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    ESRA LAMRIA TAMBA.pdf (289.6Kb)
    Date
    2024-01-29
    Author
    TAMBA, ESRA LAMRIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis dan penalaran matematika peserta didik pada Materi Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan instrumen tes dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa Kelas VII-2. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi rata-rata melakukan proses literasi hingga dapat memahami masalah, mempraktekkan konsep, memecahkan masalah dan menghubungkan masalah satu dengan yang lain mencapai nilai 87. Selanjutnya untuk siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang hanya dapat melakukan proses literasi hingga memahami masalah dan memecahkan masalah mencapai nilai 60. Terakhir untuk siswa ya ng memiliki kemampuan matematika rendah rata-rata memiliki kemampuan literasi hanya sampai memahami masalah dan tidak dapat mempraktekkan konsep mencapai nilai 42; 2) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi rata-rata melakukan proses penalaran hingga dapat menganalisis dugaan, merencanakan proses penyelesaian, menyelesaikan masalah dan menarik kesimpulan mencapai nilai 82. Selanjutnya untuk siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang hanya dapat melakukan proses penalaran hingga menggunakan dugaan yang ada dan tidak menentukan generalisasi dengan benar mencapai nilai 62. Terakhir untuk siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah rata-rata memiliki kemampuan penalaran hanya sampai menentukan dugaan awal serta mereka sulit menyampaikan hasil jawabannya saat wawancara mencapai nilai 43.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10115
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback