• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PANEI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

    Thumbnail
    View/Open
    LASJONES SILALAHI.pdf (289.8Kb)
    Date
    2024-01-29
    Author
    SILALAHI, LASJONES
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model project based learning dengan model pembelajaran konvensional pada kemampuan numerasi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Panei pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan jumlah sampel 60 peserta didik. Dengan pengambilan sampel, kelas IX-D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk essay sebanyak 10 butir soal. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas, terlebih dahulu dilakukan pretest kelas eksperimen untuk mengukur kemampuan awal peserta didik, diperoleh rata-rata skor dan standar desviasi masing-masing sebesar 31,33 dan 10,75. Rata-rata skor posttest kelas kontrol dan standar deviasi masing-masing sebesar 29,63 dan 12,39. Kemudian kelas eksperimen diberikan perlakuan poject based learning, dan diperoleh rata-rata posttest dan standar deviasi masing-masing 67,5 dan 14,97, sedangkan pada kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata hasil belajar posttest dan standar deviasi masing-masing sebesar 52,83 dan 19,87. Berdasarkan hasil uji prasyarat data postest menyatakan bahwa sampel distribusi normal dan homogen. Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis, diperoleh bahwa thitung 3,34 dan ttabel 1,67, menyimpulkan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan rata-rata kedua kelas, dengan demikian maka diperoleh rata-rata kemampuan numerasi siswa dengan model project based learning lebih tinggi daripada model pembeljaran konvensional.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10114
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback