PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS XII IPS SMA BINTANG TIMUR BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Kemampuan siswa dalam menciptakan puisi tanpa menggunakan metode pembelajaran dapat dikatakan kurang baik, tetapi dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture kemampuan menciptakan puisi siswa lebih baik dan lebih jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menciptakan puisi oleh siswa kelas XII IPS SMA Bintang Timur Balige dengan jumlah sampel 76 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,94, sedangkan kelas kontrol adalah 77,16. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus
to = 〖〖Mx〗_(-My)〗_ /〖SE〗_(Mx-My)
Dari analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = -0,63, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5%= 71. Kriteria pengujian menyatakan bahwa terima hipotesis jika t hitung> t tabel (-0,63>71). Maka hipotesis penelitian yakni, penerapan metode Picture and Picture lebih efektif daripada tidak menggunakan metode Picture and Picture.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Model Pembelajaran Picture Mapping (picture and picture dan mind mapping) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024
SITINJAK, MUTIARA AMOY SARI (2024-05-22)Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture Mapping (Picture and Picture dan Mind Mapping) Terhadap Kemampuan menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam. ... -
Perbedaan Kreatifitas Matematika Siswa yang diajar Menggunakan Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional pada Pokok Bahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga T.A. 2012/2013.
Tarigan, Marta Lina (2016-09-16)Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kreatifitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Maka untuk ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
PURBA, FRISKA LAURENCIA (2023-11-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan ...