dc.description.abstract | Kemampuan siswa dalam menciptakan puisi tanpa menggunakan metode pembelajaran dapat dikatakan kurang baik, tetapi dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture kemampuan menciptakan puisi siswa lebih baik dan lebih jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menciptakan puisi oleh siswa kelas XII IPS SMA Bintang Timur Balige dengan jumlah sampel 76 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,94, sedangkan kelas kontrol adalah 77,16. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus
to = 〖〖Mx〗_(-My)〗_ /〖SE〗_(Mx-My)
Dari analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = -0,63, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5%= 71. Kriteria pengujian menyatakan bahwa terima hipotesis jika t hitung> t tabel (-0,63>71). Maka hipotesis penelitian yakni, penerapan metode Picture and Picture lebih efektif daripada tidak menggunakan metode Picture and Picture. | en_US |