Pengaruh Model Pembelajaran Picture Mapping (picture and picture dan mind mapping) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture Mapping (Picture and Picture dan Mind Mapping) Terhadap Kemampuan menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Swasta Trisakti Lubuk Pakam. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran picture mapping (picture and picture dan mind mapping), diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 50,19 dan kelas Posttest yaitu 73,77. Hasil uji prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% dengan df =N-1, df yaitu 30 -1 = 29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,67155 Ttebel Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung >Ttabel =6,75 > 1,67. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian,dapat dinyatakan kemampuan menulis teks eksplanasi berpengaruh menggunakan model pembelajaran picture mapping (picture and picture dan.mind mapping).
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS XII IPS SMA BINTANG TIMUR BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Manurung, Yenny Agustina (2015-09-15)Kemampuan siswa dalam menciptakan puisi tanpa menggunakan metode pembelajaran dapat dikatakan kurang baik, tetapi dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and Picture kemampuan menciptakan puisi siswa lebih baik dan ... -
Perbedaan Kreatifitas Matematika Siswa yang diajar Menggunakan Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional pada Pokok Bahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga T.A. 2012/2013.
Tarigan, Marta Lina (2016-09-16)Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kreatifitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional. Maka untuk ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
PURBA, FRISKA LAURENCIA (2023-11-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan ...