Show simple item record

dc.contributor.authorSIREGAR, HOTLERISMA
dc.date.accessioned2024-01-22T02:57:18Z
dc.date.available2024-01-22T02:57:18Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9987
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar T.A 2022/2023. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII-1 dan kelas kontrol di kelas VII-2. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis matematis dari Kualitas pembelajaran dengan nilai 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan efektivitas antara model Inkuiri dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,59 dan kelas kontrol sebesar 0,26 artinya model Inkuiri lebih efektif dari pada pembelajaran Konvensional. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran kategori baik dengan nilai 4. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4,5.Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu maka disimpulkan model pembelajaran Inkuiri lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Jadi Kesimpulannya Model pembelajaran Inkuiri efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectModel Inkuiri,en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematisen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIIIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record