dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunanaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa VIII SMP Negeri 4 Sipahutar T.A 2022/2023. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII-2 dan kelas kontrol dikelas VIII-3. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dari kualitas pemeblajaran dengan nilai 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan efektivitas antara model Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,84 dan kelas kontrol sebesar 0,46 artinya model mind mapping lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran kategori baik dengan nilai 4. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4,5. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu maka disimpulkan model pembelajaran mind mapping lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Jadi kesimpulannya Model pembelajaran Mind Mapping efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kleas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar. | en_US |