Show simple item record

dc.contributor.authorPARDOSI, SUSI SULASTRI
dc.date.accessioned2024-01-22T02:48:56Z
dc.date.available2024-01-22T02:48:56Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9986
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunanaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa VIII SMP Negeri 4 Sipahutar T.A 2022/2023. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII-2 dan kelas kontrol dikelas VIII-3. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dari kualitas pemeblajaran dengan nilai 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan efektivitas antara model Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,84 dan kelas kontrol sebesar 0,46 artinya model mind mapping lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran kategori baik dengan nilai 4. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4,5. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu maka disimpulkan model pembelajaran mind mapping lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Jadi kesimpulannya Model pembelajaran Mind Mapping efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kleas VIII SMP Negeri 4 Sipahutar.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectModel Mind Mapping,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematisen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SIPAHUTAR T.A 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record