Show simple item record

dc.contributor.authorPARDOSI, SANTA CEACILIA
dc.date.accessioned2024-01-22T02:43:12Z
dc.date.available2024-01-22T02:43:12Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9985
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan pemahaman konsep serta faktor penyebab rendahnya kemampuan penalaran dan pemahahan konsep belajar matematika siswa pada materi pecahan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2023/2024 di SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa soal tes kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian kesalahan yang dialami mahasiswa per indikator kemampuan penalaran dan pemahaman konsep yaitu 1) dalam memahami soal pernyataan matematika dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 76,19%, 2) menganalisis dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 66,66%, 3) kemampuan menyusun bukti, memeriksa kebenaran suatu argumen sebesar 57,14%, 4) kemampuan menarik kesimpulan atau melakukan generalisasi sebesar 85,71%. Berdasarkan analisis yang telah dikerjakan oleh siswa disimpulkan terdapat kesalahan/kekeliruan yang siswa lakukan ketika mengerjakan soal. Kesalahan tersebut adalah siswa tidak membaca soal secara keseluruhan, tidak mampu membuat apa yang diketahui dan ditanya, kurang telitinya siswa dalam menggunakan operasi perhitungan, serta siswa tidak mampu dalam menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan pemahaman konsep serta faktor penyebab rendahnya kemampuan penalaran dan pemahahan konsep belajar matematika siswa pada materi pecahan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2023/2024 di SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa soal tes kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian kesalahan yang dialami mahasiswa per indikator kemampuan penalaran dan pemahaman konsep yaitu 1) dalam memahami soal pernyataan matematika dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 76,19%, 2) menganalisis dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 66,66%, 3) kemampuan menyusun bukti, memeriksa kebenaran suatu argumen sebesar 57,14%, 4) kemampuan menarik kesimpulan atau melakukan generalisasi sebesar 85,71%. Berdasarkan analisis yang telah dikerjakan oleh siswa disimpulkan terdapat kesalahan/kekeliruan yang siswa lakukan ketika mengerjakan soal. Kesalahan tersebut adalah siswa tidak membaca soal secara keseluruhan, tidak mampu membuat apa yang diketahui dan ditanya, kurang telitinya siswa dalam menggunakan operasi perhitungan, serta siswa tidak mampu dalam menarik kesimpulan.en_US
dc.subjectKemampuan,en_US
dc.subjectPenalaran,en_US
dc.subjectPemahamn konsep,en_US
dc.subjectSiswa.en_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN DI SMP KELAS VII SWASTA HKBP SIDORAMEen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record