dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas VIII-5 dengan jumlah siswa 27 orang. Dengan menggunakan teknik random sampling maka diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-4) dan kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan antara efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman matematis siswa mempunyai nilai rata-rata μ1 = 74,59 dan pada kelas kontrol kemampuan pemahaman matematis siswa mempunyai nilai rata-rata μ2 = 64,70 yang artinya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif. Maka jika ditinjau dari indikator efektivitas (1) kualitas pembelajaran dengan memperoleh nilai uji-t sebesar 0,001 < 0,05, (2) kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kategori baik dengan nilai 4,0, (3) waktu pembelajaran berada pada kategori baik dengan nilai 4,5. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. | en_US |