“ Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Sikap Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Swasta HKBP Padang Bulan”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Swasta HKBP Padang Bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Padang Bulan dengan jumlah sampel 35 orang siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Data, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (t), uji hipotesis secara simultan (F), dan uji koefisien determinasi ( R ). Hasil penelitian berpengaruh signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda Y= -22,195+0,31X1+ 0,24X2+ Ɛ, dengan penjelasan jika variabel linglungan belajar dan variabel sikap kemandirian belajar meningkat maka hasil belajar siswa diperoleh adalah -22,195 sehingga lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kemudian sesuai dengan hasil uji hipotesis secara simultan ( uji F) diperoleh Fhitung sebesar
23,189 dengan nilai signifikan 0,002. Nilai F tabel pada derajat kebebasan (dk) =
n-k =33 maka nilai Ftabel 4,14 dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang dapat dikatakan regresi linear tersebut dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Swasta HKBP Padang Bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Padang Bulan dengan jumlah sampel 35 orang siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Data, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (t), uji hipotesis secara simultan (F), dan uji koefisien determinasi ( R ). Hasil penelitian berpengaruh signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda Y= -22,195+0,31X1+ 0,24X2+ Ɛ, dengan penjelasan jika variabel linglungan belajar dan variabel sikap kemandirian belajar meningkat maka hasil belajar siswa diperoleh adalah -22,195 sehingga lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kemudian sesuai dengan hasil uji hipotesis secara simultan ( uji F) diperoleh Fhitung sebesar
23,189 dengan nilai signifikan 0,002. Nilai F tabel pada derajat kebebasan (dk) =
n-k =33 maka nilai Ftabel 4,14 dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang dapat dikatakan regresi linear tersebut dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN2018/2019
Adella, Audita (2018-09-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan populasi sebagian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yaitu sebanyak 90 siswa dari tiga kelas dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ... -
Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil.
Sinaga, Pangeran Tigor Hasahatan (2018-10-05)Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Penelitian ... -
Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan T.A 2018/2019
Hutahaean, Grace Angelina (2019-04-08)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa serta kurang dan tidak baiknya fasilitas belajar juga motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan ...