dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Swasta HKBP Padang Bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Padang Bulan dengan jumlah sampel 35 orang siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Data, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (t), uji hipotesis secara simultan (F), dan uji koefisien determinasi ( R ). Hasil penelitian berpengaruh signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda Y= -22,195+0,31X1+ 0,24X2+ Ɛ, dengan penjelasan jika variabel linglungan belajar dan variabel sikap kemandirian belajar meningkat maka hasil belajar siswa diperoleh adalah -22,195 sehingga lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kemudian sesuai dengan hasil uji hipotesis secara simultan ( uji F) diperoleh Fhitung sebesar
23,189 dengan nilai signifikan 0,002. Nilai F tabel pada derajat kebebasan (dk) =
n-k =33 maka nilai Ftabel 4,14 dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang dapat dikatakan regresi linear tersebut dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Swasta HKBP Padang Bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta HKBP Padang Bulan dengan jumlah sampel 35 orang siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Data, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (t), uji hipotesis secara simultan (F), dan uji koefisien determinasi ( R ). Hasil penelitian berpengaruh signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear berganda Y= -22,195+0,31X1+ 0,24X2+ Ɛ, dengan penjelasan jika variabel linglungan belajar dan variabel sikap kemandirian belajar meningkat maka hasil belajar siswa diperoleh adalah -22,195 sehingga lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kemudian sesuai dengan hasil uji hipotesis secara simultan ( uji F) diperoleh Fhitung sebesar
23,189 dengan nilai signifikan 0,002. Nilai F tabel pada derajat kebebasan (dk) =
n-k =33 maka nilai Ftabel 4,14 dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang dapat dikatakan regresi linear tersebut dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan sikap kemandirian belajar siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. | en_US |