• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAAN IPS DI SMP NEGERI 14 MEDAN T.A 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Marta Manurung.pdf (336.8Kb)
    Date
    2024-01-19
    Author
    MANURUNG, MARTA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menggalakkan keterlibatan aktif serta kemandirian peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah dengan cara mencari sejumlah data yang diperlukan untuk menemukan solusi yang logis dan otentik. Berdasarkan pendapat Wina (2009), Adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 14 Medan yang berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas tempatnya mengajar. Dari data hasil Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal 72% siswa katagori minimal aktif. Hal ini dapat terlibat dengan hasil perolehan keaktifan klasikal hanya 24,13% yaitu hanya 7 orang yang memenuhi kriteria ketuntasan, yaitu 4 siswa (13,79%) tergolong sangat aktif, 5 siswa (17,24%) tergolong aktif. Dari siklus I peningkatan klasikal menjadi 51,72%) atau berjumlah 15 orang siswa yang mencapai skor ketuntasan yaitu 7 orang (24,13%) tergolong sangat aktif, dan 11 orang (37,93%) tergolong aktif. Dapat disimpulkan Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Problem Based Learning ini juga dapat meningkatkan hasil aktivitas belajar siswa. Dimana siswa lebih aktif dikelas dan dapat memberikan pendapatnya sendiri melalui diskusi kelompoknya dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa melalui materi yang telah didikusikan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9978
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback