dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menggalakkan keterlibatan aktif serta kemandirian peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah dengan cara mencari sejumlah data yang diperlukan untuk menemukan solusi yang logis dan otentik. Berdasarkan pendapat Wina (2009), Adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 14
Medan yang berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK), dimana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas tempatnya mengajar. Dari data hasil Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal 72% siswa katagori minimal aktif. Hal ini dapat terlibat dengan hasil perolehan keaktifan klasikal hanya 24,13% yaitu hanya 7 orang yang memenuhi kriteria ketuntasan, yaitu 4 siswa (13,79%) tergolong sangat aktif, 5 siswa (17,24%) tergolong aktif. Dari siklus I peningkatan klasikal menjadi 51,72%) atau berjumlah 15 orang siswa yang mencapai skor ketuntasan yaitu 7 orang (24,13%) tergolong sangat aktif, dan 11 orang (37,93%) tergolong aktif. Dapat disimpulkan Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Problem Based Learning ini juga dapat meningkatkan hasil aktivitas belajar siswa. Dimana siswa lebih aktif dikelas dan dapat memberikan pendapatnya sendiri melalui diskusi kelompoknya dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa melalui materi yang telah didikusikan. | en_US |