HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN STRES AKADEMIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka pasca pandemi pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka pasca pandemi pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen, dengan asumsi semakin tinggi penyesuaian diri maka akan semakin rendah tingkat stres akademik dan sebaliknya semakin rendah penyesuaian diri semakin tinggi tingkat stres akademik. Subjek penelitian ini berjumlah
420 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka pasca pandemi, dengan teknik pengambilan sampel Non-probability Sampling dengan Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Spearman’s Rank Correlation dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 20 For Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa r= 0,161 dan p=0,000 (sig < 0,05) yang menunjukkan adanya hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik dalam mengikuti pemebelajaran tatap muka pasca pandemi pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]