Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBANBATU, SRI HAYATI
dc.date.accessioned2024-01-17T08:14:25Z
dc.date.available2024-01-17T08:14:25Z
dc.date.issued2024-01-17
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9905
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka pasca pandemi pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka pasca pandemi pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen, dengan asumsi semakin tinggi penyesuaian diri maka akan semakin rendah tingkat stres akademik dan sebaliknya semakin rendah penyesuaian diri semakin tinggi tingkat stres akademik. Subjek penelitian ini berjumlah 420 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka pasca pandemi, dengan teknik pengambilan sampel Non-probability Sampling dengan Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Spearman’s Rank Correlation dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 20 For Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa r= 0,161 dan p=0,000 (sig < 0,05) yang menunjukkan adanya hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan stres akademik dalam mengikuti pemebelajaran tatap muka pasca pandemi pada mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen.en_US
dc.subjectPenyesuaian diri,en_US
dc.subjectstres akademik,en_US
dc.subjectMahasiswaen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN STRES AKADEMIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSENen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record