MEMAHAMI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BELI KONSUMEN DI LIVE STREAMING FACEBOOK : SEBUAH PERSPEKTIF USES AND GRATIFICATION DAN COSTUMER ENGAGEMENT
Abstract
Pendahuluan: Kemajuan teknologi informasi yang semakin maju saat ini mendukung para pemasar online untuk mempersentasikan penjualan mereka dengan cara baru yaitu dengan menggunakan live streaming. Live streaming merupakan teknik komunikasi yang memungkinkan individu atau pengguna untuk mentransmisikan audio atau video secara langsung melalui internet kepada audiens.
Rumusan Masalah: (1) Apakah interaksi sosial pada konten live streaming di aplikasi Facebook berpengaruh terhadap emosional konsumen?, (2) Apakah menghabiskan waktu pada konten live streaming di aplikasi Facebook berpengaruh terhadap emosional konsumen?, (3) Apakah hiburan pada konten live streaming di aplikasi Facebook berpengaruh terhadap emosional konsumen?, (4) Apakah nilai/utilitas yang dirasakan pada konten live streaming di aplikasi Facebook berpengaruh terhadap emosional konsumen?, (5) apakah kebiasaan pada konten live streaming di aplikasi Facebook berpengaruh terhadap emosional konsumen?, (6) Apakah emosional konsumen pada konten live streaming di Facebook berpengaruh terhadap niat beli di perdagangan sosial?.
Tujuan Penelitian: untuk memberikan pemahaman yang bermanfaat bagi para individu, terkhusus pengguna yang menggunakan live streaming Facebook. Serta lebih memahami faktor faktor apa saja yang mempengaruhi niat beli konsumen di platform live streaming Facebook.
Metode: Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode model SEM (Structural Equation Modelling). Dengan perangkat lunak yang digunakan yaitu software smartPLS 4.0. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 240 responden individu yang menggunakan live streaming Facebook di Indonesia.
Hasil: Social interaction tidak berpengaruh signifikan terhadap emotional connectedness, Pass time tidak berpengaruh signifikan terhadap emotional connectedness, entertainment berpengaruh signifikan terhadap emotional connectedness, perceived utility berpengaruh signifikan terhadap emotional connectedness, habit berpengaruh signifikan terhadap emotional connectedness, dan emotional connectedness berpengaruh signifikan terhadap social E-commerce purchase intention.
Collections
- Manajemen [1151]