Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANJUNTAK, GRANCE LUVITA SANAYA
dc.date.accessioned2023-12-09T04:28:35Z
dc.date.available2023-12-09T04:28:35Z
dc.date.issued2023-12-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9714
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran Geogebra. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X-1 SMA Negeri 1 Barusjahe tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 31 siswa. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis hasil tes dan analisis hasil observasi aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Geogebra pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perolehan ketuntasan belajar klasikal peserta didik di akhir siklus I mencapai persentase 9,67%, kemudian meningkat di akhir siklus II yaitu mencapai persentase 61,29%. Peningkatan hasil belajar siswa dari awal siklus I hingga akhir siklus II berada pada kategori sedang dengan rata - rata N-Gain mencapai skor 0,488. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai rata – rata 8 dan pada siklus II mencapai rata – rata 11.en_US
dc.subjectMedia pembelajaran,en_US
dc.subjectGeogebra,en_US
dc.subjectHasil belajar siswa,en_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABELen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record