Show simple item record

dc.contributor.authorTAMPUBOLON, CHAROLIN FEBRYAN
dc.date.accessioned2023-12-09T04:11:20Z
dc.date.available2023-12-09T04:11:20Z
dc.date.issued2023-12-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9712
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa terhadap hasil belajar aspek kognitif dikelas VII SMP Swasta T.D. Pardede T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan instrumen tes berbentuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta T.D. Pardede T.A. 2023/2024 yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VII-A. Analisis data menggunakan uji korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data pada uji statistik r diperoleh rhitung = 0,414 yang menunjukkan adanya hubungan positif antara kemampuan pemahaman konsep dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi aritmatika sosial. Besar hubungan kemampuan pemahaman konsep dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi aritmatika sosial adalah sebesar 17%. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji statistik r diperoleh rhitung = 0,510 yang menujukkan adanya hubungan positif antara kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi aritmatika sosial. Besar hubungan kemampuan pemecahan dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi aritmatika sosial adalah sebesar 51%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rhitung= 0,792 yang menujukkan adanya hubungan positif kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi aritmatika sosial. Besar hubungan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dengan hasil belajar aspek kognitif pada materi barisan dan deret aritmatika adalah sebesar 64,44%.en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman konsep,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah,en_US
dc.subjectHasil Belajar aspek Kognitifen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP SWASTA T.D PARDEDE FOUNDATION T.A. 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record