dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) hubungan kemampuan pemahaman konsep (X₁) dengan pemecahan masalah matematis siswa (Y); 2) hubungan komunikasi matematis (X₂) dengan pemecahan masalah matematis siswa (Y) pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMP N 1 Habinsaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas VIII SMP N 1 Habinsaran. Dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Instrumen penelitian ini wawancara dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal untuk data X₁, X₂ dan Y. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas,reliabilitas,tingkat kesukaran,daya pembeda.
Data penelitian terkumpul setelah dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan kemampuan pemahaman konsep dengan pemecahan masalah pada materi teorema phytagoras, ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry₁ = 0,571 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah memiliki hubungan yang positif dan sedang. 2) Ada hubungan komunikasi matematis dengan pemecahan masalah pada materi teorema phytagoras, ditunjukkan oleh koefisien ry₂ = 0,482 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dengan pemecahan masalah memiliki hubungan yang positif dan sedang.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa menguasai konsep dan mempunyai kemampuan komunikasi matematis sehingga dapat menyelesaikan soal- soal matematika yang termasuk kategori masalah. | en_US |