dc.contributor.author | HARIANJA, CLARESIA CORRY ZEFANYA | |
dc.date.accessioned | 2023-12-04T06:54:42Z | |
dc.date.available | 2023-12-04T06:54:42Z | |
dc.date.issued | 2023-12-04 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9619 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi pola bilangan kelas VIII di SMP Negeri 6 Tanjung Balai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tanjung Balai, dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII-1 dan sampel penelitian kelas kontrol di kelas VIII-2. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh nilai rata-rata post test di kelas eksperimen (Aptitude Treatment Interaction) adalah sebesar 80,13 dan rata-rata nilai post-test di kelas kontrol (konvensional) adalah sebesar 23,73. Dari hasil analisis data, hasil data pre-test dan post-test dalam kelas eksperimen dan salam kelas kontrol menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dan kemudian hasil dari perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berpengaruh dalam kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pada hasil uji-t ditunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada materi pola bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tanjung Balai. | en_US |
dc.subject | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Apptitude Tereatment Interaction (ATI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMPN 6 Tanjung Balai | en_US |