dc.contributor.author | SIHOTANG, SURIA ASIA | |
dc.date.accessioned | 2023-12-04T06:49:24Z | |
dc.date.available | 2023-12-04T06:49:24Z | |
dc.date.issued | 2023-12-04 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9618 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik di kelas VIII-B SMP Negeri 3 Pangururan. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Instrumen penelitian ini observasi dan tes. Berdasarkan analisis data kemampuan berpikir matematis siswa yang dilaksanakan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 85,40% dalam kategori sangat aktif, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal 86,96% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 65, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban ≥ 65, terdapat pertambahan rata-rata persentase kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada siklus I yaitu 63,26% dan siklus II yaitu 80,52%. Hal ini berarti memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Panguruan T.A 2023/2024. | en_US |
dc.subject | Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, | en_US |
dc.subject | Sumber Belajar, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis | en_US |
dc.subject | , media pembelajaran. | en_US |
dc.title | PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANGURURAN PADA MATERI SPLDV T.A 2023/2024 | en_US |