ANALISA SWOT PADA CAFE LAVAS KOPI MEDAN
Abstract
Pendahuluan: Di Indonesia bisnis makanan dan minuman (café) terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Banyak bisnis café yang semakin beragam dengan konsep dan ide-ide yang menarik mendorong meunculnya bisnis café yang baru. Untuk itu diperlukan strategi untuk dapat bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat.
Rumusan Masalah: (1) bagaimana mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dengan analisis SWOT menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT dan Diagram SWOT di café Lavaz Kopi Medan? Dan (2) Bagaimana strategi yang sebaiknya diterapkan café Lavaz Kopi Medan dalam memenangkan persaingan?
Tujuan Penelitian: Untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal berdasarkan analisa SWOT dengan menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT, dan Diagram SWOT pada café Lavaz Kopi Medan, dan untuk mengetahui strategi yang tepat yang sebaiknya diterapkan café Lavaz Kopi Medan dalam memenangkan persaingan.
Metode: Analisis data dilakukan dengan metode Analisis SWOT. Informan dalam penelitian ini adalah owner, pengelola, karyawan, konsumen.
Hasil: Skor tertimbang Matriks IFAS 3,24 dan skor tertimbang Matriks EFAS 3,13, kemudian diagram SWOT posisi café Lavaz Kopi berada pada kuadran I, yaitu pada tahap pertumbuhan yang agresif, dan Matriks SWOT ditemukan strategi yang dapat diterapkan oleh café Lavaz Kopi adalah mempertahankan digital marketing, membuka cabang baru diberbagai daerah, meningkatkan kualitas pelayanan dan pemasaran, menambah tanaga kerja dan mengikuti perkembangan teknologi dalam transportasi via online dan metode pembayaran.
Collections
- Manajemen [1151]