Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan data sumber siswa kelas XI-IIS 2 yang berjumlah 31 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau true eksperimental design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan essy tes untuk mengetahui pengaruh model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji “t” diperoleh t_hitung = 10, 55 jika dibandingkan dengan harga t_tabel pada taraf signifikan 0, 05 sebesar 2,00 ini menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (10, 55 > 2,00). Dengan demikian dapat hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini berarti hasil pembelajaran menulis teks drama menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh dibandingkan sebelum menggunakan Student Teams Achievement Division (STAD)