PENGARUH PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM-BIKE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan persepsi harga terhadap keputusan penggunaan jasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas HKBP Nommensen yang menggunakan jasa transportasi online maxim-bike. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen. Metode analisis data yang dilakukan dengan Statistical Program For Social Science (SPSS). Berdasarkan hasil SPSS dapat diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu Y= 2.352 + 0.675 X1 + 0.183 X2 yang menunjukkan bahwa variabel promosi dan persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan jasa. Berdasarkan uji parsial menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa, hal ini diketahui dari nilai thitung (7.013) > ttabel (1.660) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pada variabel persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa diketahui dari nilai thitung (1.970) > (1660) dan diperoleh nilai signifikan 0,002 <0,05. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel promosi dan persepsi harga secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa, diketahui dari nilai Fhitung sebesar 116.486 > Ftabel sebesar 3.09 dan signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi
(R2) diperoleh nilai R-Square sebesar 0,702 atau (70,2%), hal tersebut memiliki arti bahwa pengaruh promosi dan persepsi harga terhadap keputusan penggunaan
jasa adalah sebesar 70,2%. Dari perhitungan tersebut promosi dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa sehingga
hipotesis diterima.
Collections
- Manajemen [1151]