PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE DAN FITUR SPAYLATER TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hedonic shopping value dan fitur spaylater berpengaruh terhadap impulsive buying pada pengguna Shopee di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Medan sebanyak 140 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa variabel hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap impulsive buying dengan memperoleh koefisien 0,125. Variabel fitur spaylater berpengaruh positif terhadap impulsive buying dengan koefisien regresi sebesar 0,169.
Hasil perhitungan uji t (parsial) hedonic shopping value (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan dengan nilai thitung =2,562 >ttabel =1,655 dengan signifikan sebesar
0,011 < 0,05. Variabel fitur spaylater (X2) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap impulsive buying, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai thitung =1,920 >ttabel =1,655 dengan signifikan sebesar 0,027< 0,05. Dari hasil determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 89% Variabel impulsive buying (Y)
dipengaruhi oleh variable hedonic shopping value (X1) dan fitur spaylater (X2) sedangkan sisanya sebesar 11% dipengaruhi oleh variable bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]