Pengaruh Iklan Media Sosial Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Pengguna Tiktok Shop Di Universitas HKBP Nommensen Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan media sosial terhadap niat beli konsumen pada pengguna tiktok shop di Universitas HKBP Nommensen Medan. Populasi seluruh mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Berdasarkan hasil SPSS dapat diperoleh persamaan regresi linear dengan nilai koefisien regresi dari iklan media sosial bernilai positif sebesar 1,389 yang artinya semakin ditingkatkan iklan media sosial yang dilakukan oleh produsen maka produk yang ditawarkan akan semakin dikenal oleh konsumen menyebabkan permintaan niat beli konsumen meningkat, hal ini dapat membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli suatu produk melalui iklan media sosial. Berdasarkan hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa hasil penelitian diperoleh variabel iklan media sosial (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli (Y) yang dibuktikan dari hasil uji-t diketahui bahwa variabel iklan media sosial dengan nilai thitung (12,249) > dari nilai ttabel (1,664) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dinyatakan bahwa iklan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap niat
beli. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R-Square sebesar 0,658 (65,8%). Hal tersebut memiliki arti bahwa variabel niat beli dapat dijelaskan oleh variabel iklan media sosial sedangkan sisanya sebesar 0,342
(34,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari perhitungan tersebut Iklan Media Sosial berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli konsumen sehingga hipotesis diterima. Sebaiknya pihak perusahaan melakukan riset tentang pasar dan produk yang diminati oleh pengguna Tiktok untuk dapat mengetahui hal ini melalui melihat komentar dan like pada video- video terkait, serta mempelajari tren terbaru di Tiktok.
Collections
- Manajemen [1151]