PENGARUH IDENTITAS MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FAST FOOD KFC DI KOTA MEDAN
Abstract
Pendahuluan: Keputusan pembelian adalah sebuah proses dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk atau merek tertentu dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut dapat memecahkan masalahnya, yang kemudian mengarah kepada keputusan pembelian. Dengan memilki keputusan pembelian konsumen dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan.
Rumusan Masalah: (1) Bagaimana pengaruh identitas merek terhadap keputusan pembelian produk fast food KFC di kota Medan?, (2) Bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fast food KFC di kota Medan?, dan (3) Bagaimana pengaruh identitas merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fast food KFC di kota Medan?
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh identitas merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fast food KFC di kota Medan.
Metode Penelitian: Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan regresi linear berganda. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden pada masyarakat kota Medan yang sudah melakukan pembelian produk fast food KFC.
Hasil: Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel identitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 0,353. Variabel gaya hidup memiliki berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 1.147. Hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa identitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel identitas merek dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) bahwa variabel identitas merek dan gaya hidup dapat menjelaskan keputusan pembelian.
Collections
- Manajemen [1191]