dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 13 Medan yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan modul ajar diorientasikan berdasarkan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Medan (dipilih satu kelas di antara lima kelas secara acak). Sedangkan objek dari penelitian ini merupakan bahan ajar berupa modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada materi bentuk aljabar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi,
wawancara, kuesioner dengan teknis analisis data validasi, kepraktisan dan keefektifan.
Berdasarkan hasil validasi ahli, lembar angket respon siswa, dan hasil asesmen siswa, diketahui bahwa modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada materi bentuk aljabar memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 85,93 %, sangat praktis dengan persentase 86,03 %, dan sangat efektif berdasarkan hasil ketuntasan asesmen peserta didik dengan persentase 83,33 %. | en_US |