dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi berbasis HOTS pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan, mencatat dan menginterpretasikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 di SMPN 1 Dolok Silau yang mewakili kemampuan literasi numerasi berbasis HOTS seluruh siswa di kelas VII. Berdasarkan olahan data tersebut, diperoleh bahwa subjek dengan tingkat kemampuan literasi numerasi berbasis HOTS kategori tinggi, mampu menguasai ketiga indikator kemampuan literasi numerasi, namun kurang teliti dalam perhitungan sederhana. Subjek dengan kemampuan literasi numerasi berbasis HOTS kategori sedang, hanya mampu menggunakan berbagai macam angka dan symbol (C4) namun belum sepenuhnya mampu menguasai indikator kedua (C5) dan ketiga (C6) serta kurang ketelitian siswa dalam perhitungan sederhana. Subjek dengan kemampuan literasi numerasi berbasis HOTS rendah, mampu menguasai indikator pertama yaitu menggunakan berbagai macam angka dan symbol (C4) namun belum mampu menguasai indikator kedua (C5) terlebih lagi pada indikator ketiga (C6) serta kurang teliti dalam perhitungan sederhana. Dari hasil olahan data tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi berbasis HOTS pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 1 Dolok Silau ada pada kategori rendah dengan persentasi kemampun sebesar 30% | en_US |