Show simple item record

dc.contributor.authorSijabat, Rispen
dc.date.accessioned2018-03-28T04:00:25Z
dc.date.available2018-03-28T04:00:25Z
dc.date.issued2015-05-04
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/876
dc.description.abstractLatar belakang yang mendiring penelitain ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak focus dengan aoa yang dijelaskan, siswa berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membosankan penuh dengan rumus dan soal-soal yang sulit dimengerti, oleh karena itu guru menggunakan pembelajaran kontekstual agar pengetahuan yang dimiliki dapat ditangkap, dipahami dan dipelajari oleh siswa karena siswa lebih cepat mengerti dengan pelajaran yang permasalahannya dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan matematika realistic terhadap pemahaman matematika siswa di SMP HKBP SIDORAME Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 4 kelas yang terdiri dari 199 jumlah siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII. Pengumpulan data diberikan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar. Tes yang diberikan terdiri dari 5 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemahaman matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic memiliki pengaruh yang positif. Berdasarkan nilai pemahaman matematika siswa diperoleh persamaan regresi, Y = 23,79 + 0,879 X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistic sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemahaman matematika siswa sebesar 0,879 satuan. Dan ahsil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 91,56% artinya bahwa pengembangan pemahaman matematika siswa dipengaruhi oleh pendekatan matematika sebesar 91,56% sedangkan sisanya 8,44% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistic dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa.en_US
dc.subjectPendekatan matematika realistik, pemahaman matematika, bangun dataren_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas Vii SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2014/2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record