INVESTIGASI ADOPSI SOCIAL MEDIA MARKETING OLEH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MENGGUNAKAN MODEL TECHNOLOGICAL, ORGANISATIONAL, ENVIRONMENTAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA
Abstract
UMKM saat ini telah aktif dalam menggunakan social media untuk memasarkan produk dan layanan kepada klien potensial mereka. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi bagaimana model TOE (technological, organisational, environmental) mempengaruhi adopsi social media marketing oleh UMKM. Berdasarkan research gap, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi adopsi social media marketing oleh Usaha Mikro Kecil Menengah menggunakan model TOE untuk meningkatkan kinerja. Model penelitian ini dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0 dengan menguji 508 responden yang merupakan UMKM yang menggunakan social media marketing sebagai strategi pemasaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor pada model TOE (dukungan manajemen puncak, kemampuan karyawan yang dirasakan, tekanan pelanggan yang dirasakan, dukungan vendor yang dirasakan) dapat mendorong adopsi social media marketing oleh UMKM. Dimana kemampuan karyawan yang dirasakan merupakan faktor yang paling signifikan dalam mendorong adopsi social media marketing sehingga bisa meningkatkan kinerja UMKM. Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi praktis sebagai bahan penilaian manajerial untuk mengoptimalkan digital marketing. Selain itu, penelitian ini juga mencapai kontribusi teoritis dalam hal kinerja UMKM melalui adopsi social media marketing.
Collections
- Manajemen [1151]