PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELANJA KEMBALI UNTUK PAKAIAN FASHION DENGAN ATRIBUT LIVE STREAMING SEBAGAI MEDIASI
Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini menciptakan fitur live streaming yang telah ada di media sosial facebook dan didukung dengan fitur tambahan untuk membantu para penjual dengan memasarkan produk mereka secara online agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas dengan waktu yang cukup cepat. Kepercayaan konsumen merupakan pengetahuan mereka mengenai produk atau sebuah merek yang memiliki kualitas produk yang baik dan kepercayaan konsumen akan informasi yang mereka dapatkan dari penjual. Niat belanja kembali menjadi salah satu keinginan atau dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan pembelian akan produk tersebut berdasarkan kebutuhan konsumen. Hal ini membuat penjual membutuhkan sebuah fitur yang dapat membantu mereka untuk mempromosikan barang. Untuk meningkatkan penjualan mereka harus memberikan konten yang kreatif serta edukasi dalam berbelanja online agar konsumen mendapatkan kepercayaan untuk melakukan pembelian. Lebih lanjut variabel atribut live streaming digunakan sebagai variabel mediasi yang menjadi sarana komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah :(1)Untuk mengetahui dan menganalisis kepercayaan konsumen terhadap niat belanja kembali.(2)Untuk mengetahui dan menganalisis kepercayaan konsumen terhadap atribut live streaming.(3)Untuk mengetahui dan menganalisis atribut live streaming terhadap niat belanja kembali.(4)Untuk mengetahui dan menganalisis kepercayaan konsumen terhadap niat belanja kembali dengan atribut live streaming sebagai mediasi. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui model google formulir dengan 180 responden yang tersedia. Analisis struktural equation modeling (SEM) digunakan untuk menguji model pengukuran dan structural melalui Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali.(2)kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap atribut live streaming.(3)atribut live streaming berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat belanja kembali.(4)kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat belanja kembali melalui atribut live streaming sebagai variabel mediasi.
Collections
- Manajemen [1151]