PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN MEREK, DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA E-COMMERCE SHOPEE DI MEDAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi harga, kepercayaan merek, dan ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada e-commerce Shopee di Medan timur. Jumlah sampel penelitian ini adalah 130 responden. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 0,253. Variabel kepercayaan merek memiliki berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 0,835, dan variabel ulasan pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh koefisien regresi sebesar 0,152. Hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh nilai thitung (3,472) > ttabel (0,1723) dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh nilai thitung (9,550) > ttabel (0,1723) dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan variabel ulasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan memperoleh nilai thitung (3,754) > ttabel (0,1723) dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel persepsi harga (X1), variabel kepercayaan merek (X2) sebagai variabel bebas sebesar 74,1 % sedangkan sisanya 55,9 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]